Dalil-dalil Jumlah Rakaat Shalat Fardhu
Bismillah,
Alhamdulillah, shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada
Rasulullah, keluarga, sahabat dan siapa saja yang senantiasa mengikuti
beliau dengan baik hingga hari kiamat.
Shalat adalah rukun islam kedua dan merupakan amaliyah yang sangat
urgen dimana islam dibangun diatasnya, sebagaimana yang diterangkan
dalam hadits:
[ عن أبي عبد الرحمن عبد الله بن عمر بن
الخطاب رضي الله تعالى عنهما قال : سمعت رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم
يقول : بني الإسلام على خمس : شهادة أن لا إله إلا الله وأن محمدا رسول
الله وإقام الصلاة وإيتاء الزكاة وحج البيت وصوم رمضان ] رواه البخاري
ومسلم
Dari Abu Abdirrahman Abdillah Ibnu Umar Ibnu
Al-Khottob radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata : Telah bersabda
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Islam dibangun atas lima
perkara : (1) Persaksian bahwasannya tidak ada tuhan yang berhak
disembah kecuali Allah dan bahwasannya Muhammad utusan Allah, (2)
menegakkan shalat, (3) membayar zakat, (4) haji di Baitullah, dan (5)
puasa Ramadhan” [HR. Bukhori Muslim].
Ketika kewajiban ini dibebankan kepada kaum muslimin, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidak membiarkannya begitu saja, namun beliau shallallahu ‘alaihi wasallam mengajarkan tata caranya, sehingga tata cara shalat yang kita kerjakan harus sesuai dengan apa yang telah diajarkan beliau shallallahu ‘alaihi wasallam sebagai pengamalan dari perintah beliau yang termaktub dalam bulughul maram:
(( صَلُّوا كَمَا رَأَيْتُمُونِي أُصَلِّي )) رَوَاهُ اَلْبُخَارِيُّ
“Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku shalat” [HR. Bukhori]
Adapun dalil-dalil jumlah rakaat dalam shalat fardhu adalah:
2 Rakaat Shalat Subuh
عَنْ قَيْسِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ رَأَى رَسُولُ
اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- رَجُلاً يُصَلِّى بَعْدَ صَلاَةِ الصُّبْحِ
رَكْعَتَيْنِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « صَلاَةُ
الصُّبْحِ رَكْعَتَانِ ». فَقَالَ الرَّجُلُ إِنِّى لَمْ أَكُنْ صَلَّيْتُ
الرَّكْعَتَيْنِ اللَّتَيْنِ قَبْلَهُمَا فَصَلَّيْتُهُمَا الآنَ. فَسَكَتَ
رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-
Dari Qais bin ‘Amr, dia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melihat
seorang laki-laki melaksanakan shalat dua raka’at setelah shubuh, maka
Rasul shallallahu alaihi wa sallam berkata : shalat Subuh (hanya) 2
raka’at. Laki-laki itu menjawab: aku belum shalat dua raka’at sebelum
Subuh jadi aku melaksanakannya sekarang, maka Rasul shallallahu alaihi
wa sallam diam (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, Albaihaqiy, Ad-Daru Quthniy
dan Ahmad. Dishohikan oleh Al-Albaniy)
4 Rakaat Shalat Dhzuhur Dan Ashar
كان رسول الله صلى الله عليه و سلم يقوم في
الظهر في الركعتين الأوليين في كل ركعة قدر قراءة ثلاثين آية وفي الأخريين
في كل ركعة قدر قراءة خمس عشرة آية وكان يقوم في العصر في الركعتين
الاولتين في كل ركعة قدر قراءة خمس عشرة آية وفي الآخرتين قدر نصف ذلك
(رواه أحمد وتعليق شعيب الأرنؤوط : إسناده صحيح على شرط مسلم)
“Sesungguhnya Nabi shallallahu alaihi wa sallam
biasanya berdiri pada shalat Zuhur di dua rakaat pertama, pada setiap
rakaat (lamanya berdiri sekitar) seperti membaca tiga puluh ayat, dan
pada dua rakaat lainnya sekitar lima belas ayat, atau, separuh dari itu.
Sedang dalam shalat Ashar, di dua rakaat pertama pada setiap rakaat
(lama berdirinya) seperti membaca sekitar lima belas ayat. Dan Pada dua
rakaat lainnya separuh dari itu” [HR. Ahmad. Sanadnya shohih berdasarkan
syarat Shohih Muslim]
3 Rakaat Shalat Maghrib
لا توتروا بثلاث، أوتروا بخمس، أو بسبع، ولا تشبهوا بصلاة المغرب (رواه ابن حبان 2429.صححه الألباني)
“Jangan kamu shalat witir 3 rekaat, (tetapi) shalatlah
witir 5 atau 7 raka’at, dan janganlah kamu menyerupakan dengan shalat
Maghrib.” [HR. Ibnu Hibban 2329. Dishahihkan oleh Al-Albaniy]
4 Rakaat Shalat Isya’
عن جابر بن سمرة، قال: شكا أهل الكوفة سعدا
إلى عمر رضي الله عنه، فعزله، واستعمل عليهم عمارا، فشكوا حتى ذكروا أنه لا
يحسن يصلي، فأرسل إليه، فقال: يا أبا إسحاق إن هؤلاء يزعمون أنك لا تحسن
تصلي، قال أبو إسحاق: أما أنا والله «فإني كنت أصلي بهم صلاة رسول الله صلى
الله عليه وسلم ما أخرم عنها، أصلي صلاة العشاء، فأركد في الأوليين وأخف
في الأخريين» رواه البخاري 755
dari Jabir bin Samrah berkata, Penduduk Kufah
mengadukan Sa’d (bin Abu Waqash) kepada ‘Umar. Maka ‘Umar menggantinya
dengan ‘Ammar. Mereka mengadukan Sa’d karena dianggap tidak baik dalam
shalatnya. Maka Sa’d dikirim kepada ‘Umar dan ditanya, Wahai Abu Ishaq,
penduduk Kufah menganggap kamu tidak baik dalam shalat? Abu Ishaq
menjawab, Demi Allah, aku memimpin shalat mereka sebagaimana shalatnya
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Tidaklah aku mengurangi
sedikitpun dalam melaksanakan shalat ‘Isya bersama mereka. Aku
memanjangkan bacaan pada dua rakaat pertama dan aku pendekkan pada dua
rakaat yang akhir. [HR. Bukhori 755]
Adapun dalil dari Ijma’:
Ibnu Mundzir menceritakan bahwa jumlah raka’at shalat Fardhu yang
kita ketahui bersama adalah termasuk perkara yang disepakati
(Ijma’). Lihat kitab Al-Awasath fi Sunan wa Al-Ijma’ wa Al-Ikhtilaf
juz.2 hal.318
Dari ini kita telah memenuhi satu syarat dari dua syarat diterimanya ibadah yaitu Ittiba’ (mengikuti petunjuk dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, maka
kita tinggal memenuhi syarat yang satunya yaitu “IKHLASH”, kita memohon
hidayah dari Allah agar kita dijadikan hambaNya yang taat dan
beruntung… aamiin.
Walahu ta’ala a’lam
Oleh: Ahmad Wafiy Bambang Prasetyo, S.Pd.I
0 komentar:
Posting Komentar